Home

Rabu, 11 Juli 2012

Pulau Mangudu ( Sumba Timur )

Pulau Mangudu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Mangudu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada di sebelah selatan dari pulau Sumba dengan koordinat 10° 20′ 8″ LS, 120° 5′ 56″ BT, termasuk wilayah kecamatan Karera.
Pulau ini ditumbuhi alang-alang dan beberapa kumpulan pohon keras ini pernah dikelola oleh seorang pebisnis pariwisata dari Australia, karena eloknya pulau tersebut dan ciri gelombangnya sangat nyaman untuk selancar.. sekarang kepemilikan asing sudah kembali kepada pemda, sehingga pulau ini sekarang kosong. Pulau mangudu bisa dijangkau dari Dusun Katunduh dengan perahu yang dimiliki haji Daeng menjadi urat nadi transportasi antara pulau kotak dan lahaluru dengan daratan Sumba.
Dengan perahu yang berukuran cukup besar itu, masyarakat pulau Labaluru bisa membawa hasil laut dan kebun mereka untuk dijual di sumba. begitu pula untuk menjangkau Pulau Mangudu dari katunduh, perahu Haji Daeng menjadi satu-satunya alternatif transportasi ke pulau itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar